Rabu, 04 Oktober 2017

Manajemen Operasional 3 pendekatan strategis yang utama (diferensiasi, biaya dan respons)

2.1 )    Buku teks menyediakan 3 pendekatan strategis yang utama (diferensiasi, biaya dan respons) untuk mencapai keunggulan kompetitif. Memberikan sebuah contoh dari masing – masing pendekatan yang tidak diberikan dalam buku teks. Berikan penjelasan atas pilihan anda.
            Jawaban :
1.    Diferensiasi merupakan suatu perbandingan industri  dalam mengelola produk yang satu dengan lainnya dengan menunjukkan karakteristik dari masing - masing produk.
Kami mengambil 2 contoh perbandingan produk kue yaitu antara Really Cake dan Balikpapan Premio. Walaupun kedua produk tersebut merupakan dalam satu manajemen tetapi kedua produk tersebut memiliki ciri khas yang berbeda antara yang satu dengan yang lain.
Perbedaan antara Really Cake dan Balikpapan Premio adalah :
Really Cake :
1.    Dari segi bentuk Really Cake mempunyai bentuk persegi panjang yang simple namun menarik.
2.    Dari segi tekstur really cake mempunyai 2 tekstur yang  berbeda yaitu di bagian atas lembut dan di bagian bawah Crispy.
3.    Dari segi toping Really cake hanya mempunyai sedikit varian.
Balikpapan Premio :
1.    Dari segi bentuk Balikpapan Premio mempunyai bentuk lingkaran.
2.    Dari segi penampilan lebih menarik dan berwarna.
3.    Dari segi tekstur lebih menyerupai kue pai dan di bagian pinggirannya lebih renyah.




Alasan :
Mengapa kami mengambil contoh tersebut karena, 2 contoh produk tersebut sedang menjadi trending topic di sosial media dan memiliki nilai jual yang tinggi karena melibatkan para artis yang terkenal untuk mempromosikan produk tersebut.

2.    Biaya merupakan faktor utama yang menunjang hasil dari produk dalam skala ekonomi yang mempengaruhi kelangsungan suatu perusahaan dalam menghasilkan suatu produk yang lebih menekan kan strategi keunggulan biaya.

Contoh :
 Kami mengambil contoh yaitu dari produk Air Mineral dari merk LE MINERALE dengan merk yang lain dengan keungulan LE MINERALE lebih Ekonomis. LE MINERALE walaupun memiliki harga yang lebih ekoomis dibandingkan dengan merk lain.
LE MINERAL merupakan minuman higienis yang bertaraf nasional yang sudah sesuai Standar Nasional Indonesia (SNI) dari mata air pegunungan dan sudah di Sterilisasi dengan mesin-mesin yang sudah sangat modern , mengapa LE MINERAL lebih ekonomis karena, selain LE MINERAL merupakan produk baru di Indonesia, Juga supaya membuat menarik minat para konsumen untuk beralih ke minuman air mineral yaitu LE MINERAL.






3.    Respons merupakan tanggapan dari suatu perusahaan atau organisasi yang menerima dan mengembangkan kritik dan saran dari para pelanggan ataupun konsumen.
Kami mengambil contoh tempat wisata yang berada di samarinda seperti kolam renang salma shofa yang dahulunya hanya sebatas tempat rekreasi yang hanya menyediakan tempat  berupa kolam renang untuk para pelanggan. namun sekarang pemilik wahana tersebut merespon saran dan kritik yang di terimanya dari para pelanggan yang sekarang di inovasiakan berbagai macam wahana contohnya wahana permainan anak anak semakin diperbanyak dan menghadirkan museum mini tempo dulu guna menarik minat dari para pelangan.

2.2)     Dalam industri jasa makanan (restoran yang melayani makanan kepada pelanggan, tetapi bukan hanya makanan cepat saji), temukan contoh – contoh dari perusahaan yang telah mempertahankan keunggulan kompetitif dengan bersaing melalui :
1. Kepemimpinan Biaya
2. Respons dan
3. Diferensiasi .
Sebutkan 1 contoh pada masing – masing kategori = berikan penjelasan satu atau dua kalimat pada masing – masing pilihan. Jangan gunakan rantai makanan cepat saji untuk semua kategori. (Petunjuk = sebuah “MENU” seharga 99$ sangat mudah untuk disalin dan bukan merupakan contoh yang bagus dari keuntungan yang dipertahankan).




Jawab :
            Kami mengambil tema makanan cepat saji contohnya “BENTO” adalah istilah bahasa jepang untuk makanan bekal berupa nasi berikut lauk-lauk dalam kemasan praktis yang bisa dibawa kemana saja dan di makan dimana saja.
Bentuk usaha ini adalah bentuk kerjasama dimana pemberi (pemilik usaha) member izin kepada penerima (mitra) untuk menggunakan hak intelektualnya seperti nama, merk dagang produksi dan jasa dan system operasi usahanya, sesuai dengan peraturan, tanpa jumlah sebagai Franchise fee, Royalti fee ataupun Distribution fee (Dibebaskan sama sekali) inilah yang disebut dengan system kemitraan yang berlandaskan prinsip saling menguntungkan untuk kedua belah pihak kita.
Rumah makan cepat saji ini menawarkan dengan cita rasa yang khas (JAPANESE FOOD) rumah makan ini mampu bersaing dengan rumah makan Japanese food lainnya dikarenakan ia mampu menampilkan menu makanan japanese food dengan harga yang relative murah dan dilengkapi dengan makanan praktis lainnya seperti burger dan sejenisnya. Keunggulan kompetitf dari Hoka Bento adalah ia menghadirkan paket bento mulai dari Paket A,B dan C.
Dengan rincian harga yaitu :
·         Paket A (Chicken Katsu + Salad + Nasi + Teh Manis ) Rp. 10.000
·         Paket B (Ekado + Chicken Roll + Egg Roll + Salad + Nasi + Teh Manis) Rp. 12.000
·         Paket C (Ekado + Chicken Roll + Egg Roll + Chicken Teriyaki + Salad + Nasi + Teh Manis ) Rp. 19.000




2.3)     Cocokkan produk di bawah ini dengan perusahaan induk yang benar dan juga negara asalnya pada tabel di bawah ini.

PRODUK
PERUSAHAAN INDUK
NEGARA


Kaus Arrow


Bidermann International


Image result for france flag
Prancis


Perlengkapan Rumah Tangga Braun


Procter & Gamble

Related image
Amerika Serikat



Mobil Volvo



Geely

Image result for china flag
China



Ban Firestone


Bridgestone

Image result for bendera jepang
Jepang


Cokelat Godiva


Campbell Soup

Related image
Amerika Serikat


Es Krim Haagen-Dazs (AS)


Nestle

Related image
Amerika Serikat


Mobil Jaguar


Tata Motors Limited

Image result for india
India


Film MGM


Sony

Image result for bendera jepang
Jepang


Mobil Lamborghini


Volkswagen

Related image
Jerman


Ban Goodrich


Michelin


Image result for france flag
Prancis


Makanan Binatang Peliharaan Alpo


Nestle
Image result for switzerland flag
Swiss

1 komentar:

  1. In this manner my pal Wesley Virgin's autobiography begins with this SHOCKING AND CONTROVERSIAL VIDEO.

    Wesley was in the military-and soon after leaving-he unveiled hidden, "self mind control" tactics that the CIA and others used to get whatever they want.

    These are the EXACT same tactics tons of famous people (especially those who "come out of nowhere") and the greatest business people used to become wealthy and successful.

    You probably know that you only use 10% of your brain.

    That's really because the majority of your brainpower is UNCONSCIOUS.

    Perhaps that conversation has even occurred INSIDE OF YOUR very own mind... as it did in my good friend Wesley Virgin's mind around 7 years ago, while driving an unlicensed, garbage bucket of a car without a driver's license and in his bank account.

    "I'm very frustrated with living paycheck to paycheck! When will I become successful?"

    You've been a part of those those thoughts, am I right?

    Your success story is waiting to start. All you have to do is in YOURSELF.

    Watch Wesley Virgin's Video Now!

    BalasHapus

Contoh Cover Makalah

 “Hard Rock Café” SEBUAH KARYA TULIS ILMIAH SEDERHANA TUGAS MATA KULIAH MANAJEMEN OPERASIONAL Dosen : Istimaroh,SE,MM. DISU...