2.1 ) Buku
teks menyediakan 3 pendekatan strategis yang utama (diferensiasi, biaya dan
respons) untuk mencapai keunggulan kompetitif. Memberikan sebuah contoh dari
masing – masing pendekatan yang tidak diberikan dalam buku teks. Berikan
penjelasan atas pilihan anda.
Jawaban :
1.
Diferensiasi
merupakan suatu perbandingan industri
dalam mengelola produk yang satu dengan lainnya dengan menunjukkan
karakteristik dari masing - masing produk.
Kami mengambil 2 contoh
perbandingan produk kue yaitu antara Really Cake dan Balikpapan Premio.
Walaupun kedua produk tersebut merupakan dalam satu manajemen tetapi kedua
produk tersebut memiliki ciri khas yang berbeda antara yang satu dengan yang
lain.
Perbedaan antara Really Cake
dan Balikpapan Premio adalah :
Really Cake :
1. Dari
segi bentuk Really Cake mempunyai bentuk persegi panjang yang simple namun
menarik.
2. Dari
segi tekstur really cake mempunyai 2 tekstur yang berbeda yaitu di bagian atas lembut dan di
bagian bawah Crispy.
3. Dari
segi toping Really cake hanya mempunyai sedikit varian.
Balikpapan
Premio :
1. Dari
segi bentuk Balikpapan Premio mempunyai bentuk lingkaran.
2. Dari
segi penampilan lebih menarik dan berwarna.
3. Dari
segi tekstur lebih menyerupai kue pai dan di bagian pinggirannya lebih renyah.
Alasan
:
Mengapa kami mengambil contoh tersebut
karena, 2 contoh produk tersebut sedang menjadi trending topic di sosial media
dan memiliki nilai jual yang tinggi karena melibatkan para artis yang terkenal
untuk mempromosikan produk tersebut.
2.
Biaya
merupakan faktor utama yang menunjang hasil dari produk dalam skala ekonomi
yang mempengaruhi kelangsungan suatu perusahaan dalam menghasilkan suatu produk
yang lebih menekan kan strategi keunggulan biaya.
Contoh :
Kami mengambil contoh yaitu dari produk Air
Mineral dari merk LE MINERALE dengan merk yang lain dengan keungulan LE
MINERALE lebih Ekonomis. LE MINERALE walaupun memiliki harga yang lebih ekoomis
dibandingkan dengan merk lain.
LE
MINERAL merupakan minuman higienis yang bertaraf nasional yang sudah sesuai
Standar Nasional Indonesia (SNI) dari mata air pegunungan dan sudah di
Sterilisasi dengan mesin-mesin yang sudah sangat modern , mengapa LE MINERAL
lebih ekonomis karena, selain LE MINERAL merupakan produk baru di Indonesia,
Juga supaya membuat menarik minat para konsumen untuk beralih ke minuman air
mineral yaitu LE MINERAL.
3.
Respons
merupakan
tanggapan dari suatu perusahaan atau organisasi yang menerima dan mengembangkan
kritik dan saran dari para pelanggan ataupun konsumen.
Kami mengambil contoh tempat
wisata yang berada di samarinda seperti kolam renang salma shofa yang dahulunya
hanya sebatas tempat rekreasi yang hanya menyediakan tempat berupa kolam renang untuk para pelanggan.
namun sekarang pemilik wahana tersebut merespon saran dan kritik yang di
terimanya dari para pelanggan yang sekarang di inovasiakan berbagai macam
wahana contohnya wahana permainan anak anak semakin diperbanyak dan
menghadirkan museum mini tempo dulu guna menarik minat dari para pelangan.
2.2) Dalam
industri jasa makanan (restoran yang melayani makanan kepada pelanggan, tetapi
bukan hanya makanan cepat saji), temukan contoh – contoh dari perusahaan yang
telah mempertahankan keunggulan kompetitif dengan bersaing melalui :
1.
Kepemimpinan Biaya
2.
Respons dan
3.
Diferensiasi .
Sebutkan
1 contoh pada masing – masing kategori = berikan penjelasan satu atau dua
kalimat pada masing – masing pilihan. Jangan gunakan rantai makanan cepat saji
untuk semua kategori. (Petunjuk = sebuah “MENU” seharga 99$ sangat mudah untuk
disalin dan bukan merupakan contoh yang bagus dari keuntungan yang
dipertahankan).
Jawab
:
Kami mengambil tema makanan cepat
saji contohnya “BENTO” adalah istilah bahasa jepang untuk makanan bekal berupa
nasi berikut lauk-lauk dalam kemasan praktis yang bisa dibawa kemana saja dan
di makan dimana saja.
Bentuk usaha ini adalah bentuk kerjasama
dimana pemberi (pemilik usaha) member izin kepada penerima (mitra) untuk
menggunakan hak intelektualnya seperti nama, merk dagang produksi dan jasa dan
system operasi usahanya, sesuai dengan peraturan, tanpa jumlah sebagai
Franchise fee, Royalti fee ataupun Distribution fee (Dibebaskan sama sekali)
inilah yang disebut dengan system kemitraan yang berlandaskan prinsip saling
menguntungkan untuk kedua belah pihak kita.
Rumah makan cepat saji ini menawarkan dengan
cita rasa yang khas (JAPANESE FOOD) rumah makan ini mampu bersaing dengan rumah
makan Japanese food lainnya dikarenakan ia mampu menampilkan menu makanan
japanese food dengan harga yang relative murah dan dilengkapi dengan makanan
praktis lainnya seperti burger dan sejenisnya. Keunggulan kompetitf dari Hoka
Bento adalah ia menghadirkan paket bento mulai dari Paket A,B dan C.
Dengan
rincian harga yaitu :
·
Paket A (Chicken Katsu + Salad + Nasi + Teh
Manis ) Rp. 10.000
·
Paket B (Ekado + Chicken Roll + Egg Roll +
Salad + Nasi + Teh Manis) Rp. 12.000
·
Paket C (Ekado + Chicken Roll + Egg Roll +
Chicken Teriyaki + Salad + Nasi + Teh Manis ) Rp. 19.000
2.3) Cocokkan
produk di bawah ini dengan perusahaan induk yang benar dan juga negara asalnya
pada tabel di bawah ini.
PRODUK
|
PERUSAHAAN
INDUK
|
NEGARA
|
Kaus Arrow
|
Bidermann International
|
![]()
Prancis
|
Perlengkapan Rumah Tangga Braun
|
Procter & Gamble
|
![]()
Amerika Serikat
|
Mobil Volvo
|
Geely
|
![]()
China
|
Ban Firestone
|
Bridgestone
|
![]()
Jepang
|
Cokelat Godiva
|
Campbell Soup
|
![]()
Amerika Serikat
|
Es Krim Haagen-Dazs (AS)
|
Nestle
|
![]()
Amerika Serikat
|
Mobil Jaguar
|
Tata Motors Limited
|
![]()
India
|
Film MGM
|
Sony
|
![]()
Jepang
|
Mobil Lamborghini
|
Volkswagen
|
![]()
Jerman
|
Ban Goodrich
|
Michelin
|
![]()
Prancis
|
Makanan Binatang Peliharaan Alpo
|
Nestle
|
![]()
Swiss
|
In this manner my pal Wesley Virgin's autobiography begins with this SHOCKING AND CONTROVERSIAL VIDEO.
BalasHapusWesley was in the military-and soon after leaving-he unveiled hidden, "self mind control" tactics that the CIA and others used to get whatever they want.
These are the EXACT same tactics tons of famous people (especially those who "come out of nowhere") and the greatest business people used to become wealthy and successful.
You probably know that you only use 10% of your brain.
That's really because the majority of your brainpower is UNCONSCIOUS.
Perhaps that conversation has even occurred INSIDE OF YOUR very own mind... as it did in my good friend Wesley Virgin's mind around 7 years ago, while driving an unlicensed, garbage bucket of a car without a driver's license and in his bank account.
"I'm very frustrated with living paycheck to paycheck! When will I become successful?"
You've been a part of those those thoughts, am I right?
Your success story is waiting to start. All you have to do is in YOURSELF.
Watch Wesley Virgin's Video Now!